Jumlah Hewan Aqiqah di Jasa Layanan Aqiqah Bandung Indonesia

Aqiqah Bandung Indonesia merupakan salah satu layanan yang sedang banyak berkembang sekarang ini. Permintaan layanan jasa aqiqah dari masyarakat yang terus meningkat juga meningkatkan banyaknya penyedia layanan jasa aqiqah tersebut. Sebagai informasi bahwa aqiqah merupakan salah satu ketentuan dalam Agama Islam yang memiliki hokum sunah muakkad. Maksud dari hokum tersebut adalah aqiqah sangat dianjurkan untuk dilakukan. Aspek-aspek yang ada dalam aqiqah seperti hari pelaksanaan, hewan yang digunakan, dan tata cara pelaksanaan, semua sudah ada aturannya. Tapi aturan mengenai aqiqah tersebut bisa disesuaikan dengan kemampuan orang yang hendak melaksanakan aqiqah. Karena memang Islam tidak memiliki aturan yang menyusahkan umat Islam.


Sebagai contohnya saja dalam tulisan ini akan dibahas mengenai hewan yang bisa digunakan dalam aqiqah, lebih tepatnya lagi adalah jumlah hewan yang bisa digunakan dalam aqiqah. Setiap penyedia jasa layanan aqiqah bandung pasti sudah mengerti mengenai hal tersebut. Kalau berdasar aturan, jumlah hewan aqiqah bayi seorang laki-laki atau bayi laki-laki adalah 2 ekor. Sedangkan untuk seorang perempuan atau bayi perempuan adalah satu ekor. Aturan tersebut adalah aturan yang berasal dari hadist yang shahih. Sehingga ada aturan tidak tertulis dalam masyarakat atau kebiasaan dala masyarakat yang menyatakan bahwa untuk aqiqah anak laki-laki menggunkan 2 ekor kambing atau domba (karena hewan yang umum digunakan untuk aqiqah di Indonesia adalah kambing atau domba). Sedangkan untuk anak perempuan menggunakan satu kambing atau domba.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana jika orang yang akan melaksanakan aqiqah ini orang tidak mampu dan memiliki anak laki-laki? Jawabannya adalah Islam memperbolehkan untuk menggunakan satu ekor kambing atau domba guna aqiqah anak laki-laki jika memang dalam kondisi tidak mampu. Dengan menggunakan satu ekor kambing atau domba tersebut untuk anak laki-laki karena tidak mampu, Insya Allah diterima dan tetap mendapatkan pahal dari Allah SWT. Sedangkan apabila untuk membeli satu domba atau kambing saja tidak mampu, aqiqah bisa dilaksanakan ketika sudah mampu untuk melaksanakan.