Tinggikah Prospek Kerja Psikologi Klinis Anak Di Indonesia?

Tinggikah prospek kerja psikologi klinis anak di Indonesia? Psikologi klinis ialah salah satu cabang ilmu psikologi yang khusus melihat permasalahan kejiwaan pada anak serta mendampingi proses penyembuhannya. Di Indonesia masih banyak kasus kriminal yang melibatkan anak-anak, kebanyakan mereka menjadi korban kekerasan bail secara fisik maupun mental. Kekerasan fisik pada anak bisa dibagi lagi menjadi kekerasan pada seleuruh tubuh dan kekerasan seksual. Semua bentuk kekerasan pada anak akan menimbulkan traumatik, efek traumatik pada anak mungkin tidak akan terlihat dalam waktu yang singkat. Biasanya efek traumatik yang dirasakan oleh anak-anak akan menimbulkan efek pada saat dewasa. Anak korban kekerasan akan sulit berkembang seperti anak-anak lain seusianya, hal ini disebabkan karena ada beban fikiran yang ditanggungnya. Psikolog klinis anak bisa membantu proses mediasi atau penyembuhan pada anak yang menderita traumatik.

Gejala traumatik pada anak secara umum yaitu: anak sulit diajak komunikasi, sering diam ketika diajak berbicara, sering melamun dan berbicara sendiri, yang lebih parah adalah takut pada semua orang yang ada didekatnya. Kekerasan seperti pemukulan yang dilakukan secara berulang-ulang selama periode waktu yang lama mengakibatkan anak akan merasa terancam. Traumatik akan membekas ketika yang melakukan kekerasan adalah orang-orang terdekat, orangtua misalnya. Sekarag ini kasus kekerasan anak berujung pembunuhan sangat marak terjadi, sehingga pemerintah melalui program-programnya berusaha untuk menekan angka kekerasan pada anak yang semakin bertambah setiap tahun. Kasus kekerasan anak paling banyak adalah kekerasan seksual.


Prospek kerja psikologi klinis sangat besar ketika banyak kasus kekerasan menimpa anak-anak. Komisi perlindungan anak memiliki misi tersendiri untuk mengumpulkan anak-anak korban kekerasan untuk dibantu menyelesaikan masalah pribadinya tersebut. Psikolog klinis anak memiliki cara yang khusus untuk membuat anak nyaman dan bisa bercerita tentang permasalahan yang tengah dihadapi. Bagi anda yang memiliki rasa empati yang besar terhadap anak-anak, psikologi klinis anak menjadi salah satu kajian yang perlu dipelajari. Apakah anda tertarik dengan cabang ilmu psikologi yang satu ini?