Ketahui Sindrom Mommyrexia dan Akibatnya pada Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, Anda harus menjaga asupan gizi yang dikonsumsi. Jangan mengonsumsi makanan sembarangan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan bayi. Makanan selama kehamilan akan sangat berpengaruh terdapat berat badan Anda dan juga bayi saat lahir. Jangan sampai kelalaian Anda dapat menyebabkan hal buruk setelah persalinan.


Apakah Anda Tahu Tentang Sindrom Mommyrexia?

Mommyrexia merupakan sebuah sindrom yang dapat dialami ibu hamil yang memiliki obsesi untuk tetap memiliki badan kurus selama masa kehamilannya. Sindrom ini terjadi hingga membuat Anda tidak memperdulikan kebutuhan gizi yang dibutuhkan bayi di dalam kandungan.

Sindrom mommyrexia ini akan berisiko mengganggu kesehatan Anda dan kandungan. Gangguan kesehatan akan terjadi karena sindrom ini akan menyebabkan Anda tidak mau makan. Pada artikel di American Pregnancy Association tercatat ada sekitar 7 juta perempuan AS mengalami sindrom ini setiap tahunnya.

Ada dua kondisi sindrom mommyrexia yang dapat terjadi yaitu anoreksia di mana Anda tidak mau mengonsumsi makanan apa pun. Bulimia kondisi di mana Anda yang dengan sengaja memuntahkan kembali makanan.

Bagaimana Cara Mengatasi Sindrom Mommyrexia?

Anda bisa mengatasi kegelisahan berat badan selama masa kehamilan yang akan menyebabkan terjadinya sindrom ini dengan melakukan olahraga. Olahraga yang aman dan nyaman dilakukan selama masa kehamilan salah satunya adalah senam. Senam selama masa kehamilan dapat Anda lakukan di rumah atau pun mengikuti private bersama pelatih senam khusus ibu hamil.

Senam akan membantu menjaga berat badan Anda dan kondisi kesehatan janin di dalam kandungan. Agar senam Anda dapat dilakukan dengan nyaman, gunakan celana khusus ibu hamil. Anda bisa mendapatkannya di toko jual perlengkapan ibu dan bayi yang tersedia secara online di Orami. Harga lebaran sale 2018 tersedia hingga potongan harga 20%.

Selain senam yang bisa Anda lakukan adalah jalan pagi yang juga baik untuk kandungan karena adanya sinar matahari pagi. Pada pagi hari sinar matahari masih mengandung vitamin D yang dibutuhkan oleh Anda dan juga bayi di dalam kandungan.

Apakah Bahaya dari Sindrom Mommyrexia?

Kondisi kesehatan Anda akan turun jika mengalami sindrom mommyrexia. Anda juga akan membuat kebutuhan nutrisi pada janin di dalam kandungan  janin tidak terpenuhi secara optimal. Kemudian akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Beberapa akibat yang bisa terjadi dari sindrom mommyrexia yang dialami adalah adanya risiko keguguran yang lebih tinggi. Terjadinya kondisi pertumbuhan janin yang tertunda, Anda bisa berisiko mengalami persalinan prematur, dan juga mengalami depresi saat hamil bahkan setelah melahirkan.

Selama masa kehamilan Anda perlu memberikan kenyamanan kepada janin di dalam kandungan dengan memakai baju dan pakaian dalam yang longgar. Kebiasaan ini akan membuat janin dapat berkembang tanpa mengalami gangguan apa pun. Anda juga perlu melakukan olahraga yang rutin setiap hari agar kondisi kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai risiko buruk.