Modifikasi Motor Aliran Chopper

Tren modifikasi motor aliran chopper baru-baru ini menjadi booming di publik Indonesia sejak Presiden Jokowi memiliki motor Chopper keluaran Elders Garage. Motor tersebut dibuat dari Royal Einfield Bullet 350. Chopper sendiri berasal dari kata “chop” yang identik dengan proses pemotongan rangka pada saat modifikasi motor jenis ini. Awalnya aliran modifikasi chopper ini populer pada tahun 1950-an di California, Amerika Serikat. Kemudian aliran modifikasi ini pun semakin mendunia ketika motor Harley Davidson chopper muncul dalam serial TV “Renegade”. Ciri khas motor chopper yang paling menonjol adalah penggunaan stang sekaligus fork panjang menjulang dan tidak adanya suspensi (hard tail). Pada awal kemunculannya, kebanyakan motor yang dijadikan bahan chopper adalah moge (seperti Harley-Davidson) karena geometri rangkanya sudah mendukung. Berikut adalah hal-hal yang anda perlukan untuk melakukan modifikasi motor aliran chopper, selain kesesuaian dana tentunya.


1.       Motor Pabrikan

Jangan salah, untuk mendapatkan motor modifikasi chopper, tidak selalu membutuhkan motor pabrikan dengan kapasitas mesin yang besar. Motor yang dapat dimodifikasi dengan jenis ini adalah sepeda motor Honda GL Series, Honda Mega Pro seri lama, Suzuki Thunder 250, Yamaha Scorpio seri lama, hingga Honda Tiger bekas. Biasanya, motor-motor tersebut hanya digunakan mesinnya saja, karena rangkanya akan diubah sesuai dengan desain khas aliran chopper.

2.       Rangka

Agar memiliki desain chopper, rangka sepeda motor akan diubah sebagian atau seluruhnya. Hal yang paling penting adalah sepeda motor akan dipotong/dichop. Ada rangka khusus sepeda motor chopper yang paketannya bisa dibeli secara langsung di beberapa bengkel motor Indonesia. Jika ingin lebih disesuaikan dengan selera, rangka sepeda motor dapat dikerjakan dari nol menggunakan desain yang diinginkan. Tetapi tentunya proses modifikasi akan berlangsung lebih lama.

3.       Modifikator

Sebelum melakukan modifikasi motor, anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai modifikator sepeda motor anda nantinya. Pilihlah modifikator yang terpercaya atau sudah memiliki reputasi yang baik, sehingga desain sepeda motor chopper yang diinginkan dapat terwujud dengan baik. Anda bisa mencari informasi di forum-forum modifikasi sepeda motor, atau melakukan kunjungan terlebih dahulu dan melakukan konsultasi. Jika ingin melakukan modifikasi sendiri, ada baiknya tetap melakukan konsultasi dengan modifikator ahli.

Bagaimana, tertarik untuk melakukan modifikasi motor dengan aliran chopper ini?