Manfaat Dongeng Sebelum Tidur Bagi Anak

Dongeng sebelum tidur menjadi pengantar yang bisa membantu anda dalam menidurkan anak. Anda pasti sering mengalami susahnya sang buah hati untuk tidur. Memang dunia anak punya kecenderungan untuk terus menerus bermain atau melakukan berbagai aktivitas. Bahkan keinginan sang anak tersebut bisa berlangsung sampai larut malam sekalipun. Akan sangat sulit menemukan buah hati yang mengantuk. Apalagi bagi anda yang memiliki anak super aktif. Namun, keadaan ini tidak bisa dibiarkan. Anda tidak bisa membuat anak terjaga sampai larut malam. Mereka juga membutuhkan istirahat agar kondisi kesehatannya selalu terjaga. Kalau anda mengalami hal yang semacam ini, sebenarnya ada hal yang merti anda lakukan.


Salah satu solusi yang paling tepat ialah dengan membacakan dongeng atau cerita kepada anak. Boleh anda mengarangnya sendiri, atau membaca buku, bahkan mencari melalui media internet. Ternyata tidak hanya pengantar tidur buah hati. Membaca dongeng semacam ini bisa memberikan manfaat yang besar kepada buah hati. Pertama bisa mengembangkan imajinasi anak. Jadi akan melatih anak untuk berpikir dengan tepat dan efektif. Kedua, membacakan dongeng juga bisa menjadi salah satu alat untuk membuat anak suka membaca. Mendengar cerita terlebih dahulu, kemudian penasaran dan ingin membaca cerita yang lain secara sendiri. Ketiga, dongeng bisa membantu dalam mengembangkan kemampuan anak dalam berbahasa. Karena dalam cerita dongeng memiliki struktur dan intonasi kata yang sangat tepat.

Di samping itu semua, dongeng juga bisa mempengaruhi karakter anak dalam kehidupan sehari-hari. Sebab dari cerita tersebut anak bisa mengambil banyak hal yang didengarnya. Makanya, sebagai orang tua, sebaiknya anda memilih dongeng yang tepat. Usahakan tetap memberikan pesan yang baik agar anda bisa berlajar dari cerita yang didengarnya. Sehingga itu bisa diaplikasikan dalam kehidupan sang buah hati. Dongeng ini memang dibilang sebagai pengantar tidur sang buah hati. Akan tetapi, punya pengaruh yang baik terhadap anak. Jadi anda harus memberikan cerita yang terbaik dan mengandung nilai positif agar anak bisa belajar.