Pengertian Dari Badal Haji Adalah

Dalam artikel kali inikita akanmembahas badal haji adalah  haji yang diwakilkan oleh orang lain, baadal haji memang diperbolehkan dan sudah diperjelas dalam kitab fiqh. Selain itu masyarakat biasa mengartikan istilah tersebut dengan berangkat haji yang ditujukauntuk orang lain. Untuk badalhajiini memang dilakukan oleh orang yang sudah mempunyai keimanan yang kuat. Karena mereka mempunyai tanggung jawab untuk orang lain dan mewakilkan orang tersebut untuk berangkat Haji. Untuk dapat berangkat haji memang menjadi impian banyak orang. Apalagi saat ini utnuk berangkat haji harus antribertahun-tahun untuk bisa mendapatkan antrian keberangkatanya. Akan tetapi kinisudah ada program haji plus.untuk haji plus memang biaya yang dikeluarkan sangat banyak. Untuk saat ini pun juga harus menunggu lama untukhaji plus juga.


Dengan menggunakan cara badal haji ini memang untuk orang yang sudahmeninggal dunia, dan keluarga yang ditinggalkan ingin kelurga yang sudah meninggal tersebut menhajikanya. Ataau untuk keluarga yang sudah tidak kuat untuk jalan atau fisik dan kesehatanya sudah tidak bisa untuk berhaji sendiri, maka dengan syarat tersebut dapat untuk mengikuti badal haji.

Badal haji ini bukan peraturan dari orang saat ini yang memang menggunakan alasan untuk tidakdapat berangkat haji. Aakan tetapi badal haji ini sudah dilakukan oleh Para Sahab Nabi sejak jaman dahulu. Maka dari itu sah-sah saja kita melakukan cara tersebut. Pada hadits yang menjelaskan tentang badal haji ini menjelaskan bahwa dari Ibnu Abbas ra yang menjelaskan bahwa ibudari anak yang sudah nadzar ingin haji. Akan tetapi sebelum berhaji beliau sudah meninggal dahulu. Dan anak itu bertany apakah daya dapat menggantikan ibu saya untuk berhaji ? dengan adanya dalil-dalilyang sudah menjelaskan badal haji maka, hal tersebut diperbolehkan.

Dari para ulama juga menyimpulkan  jika untuk melakukan badal haaji juga diperbolehkan, asal adaa alas an yang kuat untuk tidakbisa berhaji. Untuk orang yang mewakilkan berangkat haji yang utama harus sudah melakukan haji terlebih dahulu untuk orang tersebut.

Berikut tadi mengenai penjelasan dari cara yang dimudahkan untuk islam melakukan ibadah. Semoga dapat memberikan tambahan ilmu bagi yang membacanya.