Bagi Ibu Menyusui, Inilah Cara Memperbanyak ASI yang Mulai Berkurang

Produktivitas ASI bisa berkurang kapan saja, itu sebabnya ibu menyusui harus mengerti cara memperbanyak ASI yang mulai berkurang agar bisa mempersiapkan diri. Produksi ASI yang lancar tentu harapan semua ibu. Namun, dalam kenyataannya tak semua bayi bisa menikmati ASI yang lancar dan berlimpah. Hal ini bisa disebabkan karena ASI ibu sudah mulai kering, ibu mengalami sakit atau memang tubuh ibu sudah cukup lelah sehingga kemampuan kelenjar payudara memproduksi ASI berkurang. Apabila hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya segera ambil langkah cepat untuk meningkatkan produktivitas ASI kembali agar asupan nutrisi anak tetap lancar. Ada beberapa cara mudah agar produksi ASI yang mulai berkurang bisa banyak lagi.

Cara memperbanyak ASI yang mulai berkurang yakni dengan meningkatkan frekuensi menyusui. Meskipun produktivitas ASI berkurang, sebaiknya jangan berhenti menyusui melainkan tetap menyusui sesering mungkin terutama 72 jam setelah bayi lahir. Cara ini merupakan cara yang efektif untuk merangsang produksi hormon prolaktin sehingga mampu memproduksi ASI terus menerus. Apabila satu payudara telah kosong, ganti dengan payudara yang satunya sehingga kedua payudara bisa terstimulasi. Dengan begini, pemompaan kelenjar susu akan terpicu untuk menghasilkan ASI. Tambahkan stimulasi ke payudara dengan memberikan pijatan searah jarum jam yang lembut. Langkah memijat payudara ini juga bermanfaat untuk membuat otot-otot di sekitar payudara menjadi lebih rileks serta mengurangi terjadinya penyumbatan atau pengerasan di puting payudara. 

Cara memperbanyak ASI yang mulai berkurang selanjutnya yakni dengan mengkompres payudara. Kompres payudara menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat selama 2 hingga 3 menit. Lakukan hal ini sambil agak berbaring atau merebahkan tubuh di atas sofa dan berikan pijatan lembut di area dinding payudara. Hindari posisi tidur telungkup karena posisi ini bisa mengganggu perkembangan sel-sel payudara dan menekan payudara sehingga menghambat produksi ASI. Untuk menghindari dehidrasi karena aktivitas menyusui, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup serta makanan bernutrisi dan hindari minuman berkafein karena minuman ini justru menghambat produk ASI. Untuk cara memperbanyak ASI lainnya, Anda bisa mengakses situs umihilma.com yang berisi beragam pengetahuan penting bagi ibu menyusui.